Apa sih Jilbab Berpunuk Unta itu ?

Pernah denger nggak istilah dari judul di atas? "jilbab berpunuk unta". Pengen tau kenapa disebut kayak gitu? simak postingan ini ya...

Bentuk Tubuh Unta

Bentuk tubuh unta lekat sekali dengan adanya punuk di tubuhnya. apa sih fungsi dari punuk unta ini? menurut penelitian kegunaannya adalah untuk menampung cadangan air, karena unta hidup di padang pasir yang tandus dan sulit untuk mendapat air.

Hubungannya dengan jilbab apa ya? kenapa dilarang?  apa yang dijadikan dasar?
            ini inti pembahasannya,,  Rasulullah SAW bersabda : "Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapl, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakain tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya), Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian" (perjalanan 500 th).. (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421).

Jilbab dan Punuk Unta


Penjelasan dari hadist di atas adalah bahwa wanita yang berpakaian namun telanjang(mengumbar aurat) dan berlenggak lenggok sehingga kepalanya bergoyang-goyang seperti punuk unta akan mendapat ancaman berupa tidak masuk surga dan tidak juga mencium bau surga. Adapun makna dari kepala yang menyerupai punuk unta adalah menjadikan kepala agar terlihat nampak besar dengan menggunakan kain, ciput sanggul dan sejenisnya yang menjadikan bagian belakang kepala menonjol menyerupai punuk unta dengan tujuan untuk menciptakan keindahan yang menonjol dari jilbab yang dikenakan.

Namun ada juga ulama yang menafsirkan bahwa yang dimaksud punuk unta adalah menyisir rambut dengan gaya condong ke atas. Ia berkata : yaitu dengan memilin rambut dan mengikatnya ke atas kemudian menyatukanya di tengah-tengah kepala sehingga menjadi seperti punuk unta. Ini menunjukkan bahwa maksud perumpamaan dengan punuk unta adalah karena tingginya rambut diatas kepala mereka, dengan dikumpulkannya rambut diatas kepala kemudian dipilin sehingga rambut itu berlenggak-lenggok ke kiri dan ke kanan kepala.



Yang terpenting adalah kita meminimalisir bahkan meniadakan kemungkinan munculnya punuk unta pada jilbab kita. itu akan lebih baik insyaAllah. Jaga diri, Jaga Hati. cantik bukan hanya kasat di mata, tapi juga terselip keindahannya hingga ke hati. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Masih diperjalanan

Salah Tujuan