Tujuan Pembelajaran (TP) & Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) - Elemen 1

 



Assalammualaikum Warhamtullahi Wabarakatuh

 Apa kabar Bapak/ Ibu ?

Semoga senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah subhanallahu wata'alla

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan hasil pengembangan Tujuan Pembelajaran (Tp) dan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) dari Elemen 1 pada mata pelajaran PKL. Berikut ini kami sajikan :


Sesuai dengan capaian pembelajaran pada elemen 1 di atas, maka didapatkan uraian TP dan ATP sebagai berikut :


            A. Tujuan Pembelajaran (TP)'

       

                1. Menguasai Etika Komunikasi

a.       Menerapkan etika berkomunikasi secara lisan dan tulisan yang efektif dalam berbagai situasi di lingkungan kerja.

b.      Menyesuaikan gaya komunikasi dengan berbagai pihak (atasan, rekan kerja, klien) untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

c.       Memberikan dan menerima kritik serta umpan balik secara konstruktif.

 

                 2.     Menunjukkan Integritas

a.       Menampilkan perilaku jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tugas yang diberikan.

b.      Menjaga komitmen terhadap pekerjaan dan organisasi.

c.       Bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang diambil.

 

                3.     Memiliki Etos Kerja yang Tinggi

a.       Bekerja secara efisien dan efektif untuk mencapai target yang ditetapkan.

b.      Menunjukkan inisiatif dan proaktivitas dalam menyelesaikan tugas.

c.       Memiliki semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

 

                4.  Bekerja Secara Mandiri dan/atau Tim

a.       Mampu bekerja secara mandiri dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

b.      Berkolaborasi dengan anggota tim lainnya untuk mencapai tujuan bersama.

c.       Menghargai perbedaan pendapat dan bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik.

 

                5. Memiliki Kepedulian Sosial dan Lingkungan

a.       Menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan lingkungan fisik.

b.      Berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

c.       Menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam bekerja.

 

                  6.    Memahami dan Menerapkan Norma, K3LH, dan POS

a.       Memahami dan mematuhi norma-norma yang berlaku di dunia kerja.

b.      Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam setiap aktivitas.

c.       Memahami dan mengikuti prosedur operasional standar (POS) yang berlaku di tempat kerja.


B. Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP)


                1.      Pemahaman Konsep

a.       Modul 1 - Memahami Soft Skills

Peserta didik diperkenalkan dengan konsep soft skills secara umum dan pentingnya soft skills dalam dunia kerja.

b.      Modul 2 - Etika Komunikasi

Peserta didik mempelajari berbagai jenis komunikasi, etika berkomunikasi yang baik, dan cara berkomunikasi efektif dalam berbagai situasi.

c.       Modul 3 - Integritas

Peserta didik memahami konsep integritas, nilai-nilai yang terkait dengan integritas, dan cara menerapkan integritas dalam kehidupan sehari-hari

d.      Modul 4 - Etos Kerja

Peserta didik belajar tentang etos kerja yang tinggi, pentingnya disiplin, dan cara meningkatkan produktivitas kerja.

e.       Modul 5 - Bekerja dalam Tim

Peserta didik mempelajari keterampilan kerja sama tim, peran masing-masing anggota tim, dan cara menyelesaikan konflik dalam tim.

f.        Modul 6 - Kepedulian Sosial dan Lingkungan

Peserta didik memahami pentingnya kepedulian sosial dan lingkungan, serta cara berkontribusi dalam kegiatan sosial.

g.      Modul 7 - Norma, K3LH, dan POS

Peserta didik mempelajari peraturan perusahaan, norma-norma yang berlaku di dunia kerja, serta pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

 

                2.      Penerapan dalam Praktik

a.       Simulasi

Peserta didik melakukan simulasi berbagai situasi kerja yang membutuhkan penerapan soft skills. Misalnya, simulasi wawancara kerja, presentasi, atau rapat tim.

b.      Studi Kasus

Peserta didik menganalisis studi kasus terkait penerapan soft skills di dunia kerja.

c.       Proyek Kelompok

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek yang membutuhkan kolaborasi dan penerapan berbagai soft skills.

d.      Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Peserta didik menerapkan semua soft skills yang telah dipelajari dalam lingkungan kerja yang nyata.


C. Refleksi dan Evaluasi 


a.       Jurnal Refleksi

Peserta didik menulis jurnal refleksi untuk merefleksikan pengalaman belajar dan perkembangan diri.

b.      Evaluasi Diri

Peserta didik melakukan evaluasi diri terhadap penguasaan soft skills.

c.       Umpan Balik

Peserta didik menerima umpan balik dari guru, teman sebaya, atau pembimbing PKL.

Komentar

  1. Sangat bagus untuk referensi penerapan TP dan ATP dalam Elemen 1, rinci dan efektif dalam rangka mengembangkan pola pembelajaran yang mengedepankan praktik langsung untuk mengasah softskills

    BalasHapus
  2. Dengan melihat alur pembelajaran diatas sangat bagus dan bisa menjadi acuan dalam pembelajaran yang bwrdefersiasi, mohon ijin untuk menggunakan beberapa alur kegiatan pembelajarannya.. Terimakasih semoga bisa lebih berkembang lagi kedepannya... Semangat...

    BalasHapus
  3. Pemaparan pengembangan TP dan ATP sudah bagus, disusun secara rinci dan efektif memuat capaian pembelajaran yang telah ditentukan dalam elemen 1 yaitu internalisasi dan pengembangan soft skills.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon Berkomentar dengan bahasa yang sopan. Terimakasih ^^

Postingan populer dari blog ini

TELAAH KELAS INDUSTRI

Sekolah Pencetak Wirausaha