Komputer dan Jaringan



Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnnya. Jaringan komputer memberikan beberapa keuntungan untuk user diantaranya yaitu untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Sebagai contoh adalah ketika komputer  terhubung dalam sebuah jaringan maka kita bisa menggunakan printer  secara bersama- sama atau memungkinkan pengkopian file antar komputer.
Jenis- jenis kabel :
1.       Kabel Coaxial


Kabel coaxial merupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan dua tingkat isolasi.
Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik, sedangkan  pada isolasi yang kedua terdapat plastik yang berfungsi sebagai pelindung unutk menghindai goresan dari kabel.
Bentuk kabel koaksial mirip dengan kabel televisi yang dulu banyak digunakan, tapi sekarang sudah jarang ditemui.


2.       Kabel UTP  (Unshield Twisted Pair)


Merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk menyalurkan jaringan internet. Dalam kabel UTP ada 8 helai kabel kecil yang berwarna- warni, kabel- kabel itu memiliki dua kabel yang diputar enam kali per-inchi, yang tidak dilengkapi shield (pelindung internal) untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi atau tahanan listrik yang konsisten. Kabel UTP tekenal sebagai kabel paling murah, bentuknya mirip dengan kabel telepon.

3.       Kabel STP ( Shield Twisted Pair )

Merupakan kabel jaringan yang sama seperti kabel biasa, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN adalah IBM kategori 1.

4.       Kabel Fiber Optic


Merupakan kabel jaringan yang dibuat menggunakan bahan dari filamen glass. Transmisi data menggunakan fiber optic lebih cepat kareana pengiriman data ditransmisikan oleh pulsa cahaya untuk menghindarkan kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik.


Merakit Kabel

Perangkat
1.         Kabel UTP
2.         Konekor RJ-45 
Konektor ini mirip dengan konektor yang biasa digunakan untuk telepon rumah, tetapi ukurannya lebih besar. Konektor ini memiliki 8 pin, sesuai dengan pair kabel UTP.
3.       LAN Tester
4.       Tang Krimping 
Peralatan ini mirip dengan tang biasa, namun fungsinya tidak seperti tang pada umumnya. Tang krimping berfungsi untuk menjepitkan kabel pada konektor RJ- 45 .

5.       Komputer

Merakit Kabel Straight
Merakit Kabel Cross
Merakit Kabel Roll- Over








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Masih diperjalanan

Salah Tujuan