Pengenalan OpenGL



OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D), selain itu juga merupakan suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitive termasuk titik, garis, dan lingkaran serta digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis.
OpenGL bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-language serta digunakan mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada system operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain.

Tujuan OpenGL

Diantara tujuan pembuatan OpenGL adalah : 

1.  Untuk menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators 
2. Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang memerlukan dan mendukung implementasi penuh fitur openGL set (menggunakan software emulation jika diperlukan).
 
Sintaks perintah-perintah dalam OpenGL
Sintaks perintah OpenGL mengikuti aturan penulisan dari library dimana fungsi tersebut
berasal, berikut ini adalah format penulisan fungsi OpenGL:


Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf capital pada setiap
kata membentuk nama perintah, contohnya :
                                                 
                                                                glClearColor 

Untuk mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf capital dan garis bawah untuk memisahkan kata seperti GL_POLY_STIPPLE. Terkadang beberapa huruf dan angka ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada glVertex3f). Dalam hal ini angka 3 Menunjukkan berapa banyak argumen yang harus ada pada perintah tersebut dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu floating.

GLUT

GLUT (GL Utility Toolkit) merupakan pengembangan dari OpenGL yang didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah dan menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user, serta memiliki distribusi library yang bebas tetapi tidak open source.Pada pemrograman OpenGL bahasa yang digunakan adalah C++, tetapi masih diperlukan library tambahan yaitu 

1.  glut.h 
2.  glut32.lib
3.  glut32.dll
 
Klasifikasi Fungsi dalam GLUT, diantaranya : 

1. Primitive : berupa geometric, image 
2. Attribute : berupa color, line type, light, texture
3. Viewing : berupa virtual camera 
4. Control : turn fuction ON / OFF 
5. Windowing : window, mouse, keyboard

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Masih diperjalanan

Salah Tujuan