Pengenalan OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library)
adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,
baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D), selain itu juga merupakan suatu
spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik
primitive termasuk titik, garis, dan lingkaran serta digunakan untuk
keperluan-keperluan pemrograman grafis.
OpenGL bersifat Open-Source,
multi-platform dan multi-language serta digunakan mendefinisikan suatu objek,
baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu
antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang
tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL
dapat berjalan pada system operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain.
Tujuan OpenGL
Diantara tujuan pembuatan OpenGL
adalah :
1. Untuk menyembunyikan kompleksitas dari
interfacing dengan berbagai 3D accelerators
2. Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari
hardware platform, oleh semua yang memerlukan dan mendukung implementasi
penuh fitur openGL set (menggunakan software emulation jika diperlukan).
Sintaks perintah-perintah dalam
OpenGL
Sintaks perintah OpenGL mengikuti
aturan penulisan dari library dimana fungsi tersebut
berasal, berikut ini adalah format penulisan fungsi OpenGL:
berasal, berikut ini adalah format penulisan fungsi OpenGL:
Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf capital pada setiap
kata membentuk nama perintah, contohnya :
glClearColor
Untuk mendefinisikan konstanta
diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf capital dan garis bawah untuk
memisahkan kata seperti GL_POLY_STIPPLE. Terkadang beberapa huruf dan angka
ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada glVertex3f). Dalam hal ini
angka 3 Menunjukkan berapa banyak argumen yang harus ada pada perintah tersebut
dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu floating.
GLUT
GLUT (GL Utility Toolkit) merupakan
pengembangan dari OpenGL yang didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga
menengah dan menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari
user, serta memiliki distribusi library yang bebas tetapi tidak open source.Pada
pemrograman OpenGL bahasa yang digunakan adalah C++, tetapi masih diperlukan
library tambahan yaitu
1. glut.h
2. glut32.lib
3. glut32.dll
Klasifikasi Fungsi dalam GLUT, diantaranya :
1. Primitive : berupa geometric, image
2. Attribute : berupa color, line type, light, texture
3. Viewing : berupa virtual camera 4. Control : turn fuction ON / OFF
5. Windowing : window, mouse, keyboard
Komentar
Posting Komentar
Mohon Berkomentar dengan bahasa yang sopan. Terimakasih ^^